Sabtu, 02 April 2016

Presentasi Tentang Konsep Perilaku Dalam Organisasi



Konsep Perilaku Dalam Organisasi

Pembahasan Materi :
1. Definisi
2. Keselarasan Tujuan
3. Faktor-faktor Keselarasan Tujuan
4. Jenis-jenis Organisasi
5. Fungsi Pengendalian

1. Definisi
Perilaku organisasi adalah ilmu yang mempelajari pengaruh yang dimiliki oleh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas suatu

2. Keselarasan Tujuan
• Setiap organisasi mempunyai tujuan, tentunya pimpinan puncak akan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut bersama anggota organisasi lainnya. 
• Akan tetapi anggota organisasi mempunyai tujuan yang bervariasi yang belum tentu sama dengan tujuan organisasi. Maka dari itu tujuan utama dari Sistem Pengendalian Manajemen yaitu untuk mengupayakan terjadinya keselarasan tujuan (Goal Congruence).

3. Faktor-faktor keselarasan tujuan
a. Faktor Informal
    Faktor Internal
    Budaya 
       Aturan atau kebiasaan yang berlaku dalam perusahaan. Budaya meliputi keyakinan bersama, nilai- nilai hidup yang dianut, dan norma-norma perilaku
    Gaya Manajemen 
        Berkaitan dengan sikap-sikap yang dimiliki oleh para manejer yang pada akhirnya menjadi patokan bawahannya dalam bersikap
    Organisasi Informal
       Organisasi yang terbentuk bukan karena adanya ketentuan formal, tetapi karena adanya kontak individu. Komunikasi dapat terjadi tanpa mengikuti ketentuan formal.
    Persepsi & Komunikasi 
       Berkaitan dengan cara komunikasi yang baik yangmemungkinkan informasi yang disampaikan tidak salah diterima oleh penerima, sehingga dengan demikian ada kesamaan persepsi.
   Faktor eksternal
   Norma
      Biasa diterima di lingkungan masyarakat yang mana organisasi adalah bagian tak terpisahkan darinya
   Etor Kerja
      - Loyalitas - Keuletan - Semangat - kebanggaan

b. Faktor formal
    1. Sistem Pengendalian Manajeman
Di awali dengan penentuan tujuan perusahaan dan strategi mencapai tujuan tersebut. Suatu perencanan strategis disisipkan untuk mengimplementasikan strategi organisasi. Seluruh informasi yang tersedia dipergunakan untuk membuat perencanaan ini. Perencanaan strategis tersebut kemudian di konversi menjadi anggaran tahunan yang fokus pada pendapatan dan belanja yang direncanakan untuk masing-masing pusat tanggung jawab. Pusat tanggung jawab ini juga dituntun oleh aturan-aturan dan infornasi formal lain. Pusat tanggung jawab menjalankan operasi-operasi yang ditugaskan, dan hasilnya kemudian di nilai dan dilaporkan. Hasil-hasil aktual kemudian dibandingkan dengan anggaran untuk menentukan apakah kinerjanya memuaskan atau tidak.
2.      Peraturan (rules)
·         Pengendalian Fisik, yaitu Penjaga keamanan, passwords komputer, tv monitor, dan alat fisik lainnya merupakan bagian dari struktur pengendalian.
·         Petunjuk Pelaksanaan (Manual), yaitu aturan-aturan tertentu yang harus dijalankan
·         Pengamanan Sistem, yaitu berbagai pengamanan sistem yang di rancang ke dalam sistem pemrosesan informasi untuk menjamin agar informasi yang mengalir melalui sistem itu akan bersifat akurat dan untuk mencegah kecurangan. Hal ini meliputi: pemeriksaan silang secara terinci; pembubuhan tanda tangan dan bukti-bukti lain bahwa sebuah transaksi telah dijalankan.
·         Sistem Pegendalian Tugas, yaitu proses untuk menjamin bahwa tugas-tugas tertentu dijalankan secara efektif dan efisisen.
4.  Jenis-Jenis Organisasi
1.      Organisasi Fungsional, yang mana stuktur fungsional membagi tugas sesuai keahlian masing-masing. Di dalamnya setiap manajer bertanggung jawab atas fungi-fungsi yang terspesialisasi seperti produksi atau pemasaran.
2.      Organisasi Unit Usaha, yang mana di dalamnya para unit manejer bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas dari masing-masing unit, dan unit bisnis berfungsi sebagai bagian independen dari perusahaan.
3.      Organisasi Matrik yang mana di dalamnya unit-unit fungsional memiliki tanggung jawab ganda. Seperti manejer suatu proyek, selain bertanggungjawab terhadap keberhasilan proyeknya, juga bertanggungjawab  terhadap unit-unit fungsinal.
5.  Fungsi Controller
Orang yang bertanggung jawab dalam merancang dan mengoperasikan sistem pengendalian manajemen disebut sebagai seorang controller, yaitu Chief Financial Officer (CFO). Fungsi controller:
1.      Merancang dan mengoperasikan informasi serta sistem pengendalian.
2.      Menyiapkan pernyataan keuangan dan laporan keuangan (termasuk pengembalian pajak) kepada para pemegang saham dan pihak-pihak eksternal lainnya.
3.      Menyiapkan dan menganalisis laporan kinerja, menginterpretasikan laporan-laporan ini untuk para manajer, menganalisis program dan proposal-proposal anggaran dari berbagai segmen perusahaan serta mengkonsolidasikannya ke dalam anggaran tahunan secara keseluruhan.
4.      Melakukan supervisi audit internal dan mencatat prosedur-prosedur pengendalian untuk menjamin validitas informasi, menetapkan pengamanan yang memadai terhadap pencurian dan kecurangan serta menjalankan audit operasional.
5.      Mengembangkan personel dalam organisasi pengendali dan berpartisipasi dalam pendidikan personel manajemen dalam kaitannya dengan fungsi pengendali.
Kesimpulan
                   Keselarasan tujuan merupakan hal penting dalam suatu organisasi. Keselarasan tujuan ini berguna untuk menyelaraskan tujuan masing-masing anggota ke arah tercapainya tujuan suatu perusahaan. Meskipun keselarasan tujuan secara sempurna antara individu dan perusahaan tidak ada, namun dengan adanya upaya untuk menyelaraskan tujuan antara individu dan perusahaan, sangat membantu dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan. Keselarasan tujuan dalam hal ini dipengaruhi oleh sistem informal dan formal sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya. Sistem informal pada akhirnya membahas mengenai teori motivasi kerja, dan sistem formal pada akhirnya membahas tentang sistem pengendalian formal yang dibagi lagi menjadi dua bentuk, yaitu sistem pengendalian formal dan peraturan (rules).



Bagi yang menginginkan file power point tersebut, silahkan kunjungi : SlideShare saya
Please follow, like, and comment if you like !!!

Terima Kasih.................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar